latest Post

Fungsi Weld dan Trim pada CorelDraw

Selamat datang di Blog Alfaruq Media, blog untuk Al berbagi tutorial maupun informasi mengenai Desain Grafis. Sebelumnya jangan lupa follow instagram @alfaruqmedia untuk update portofolio desainnya.
Sudah menunggu update tutorial dari Al? Hehe. Iya atau tidak, kali ini Al kembali berbagi tutorial. Setelah sebelumnya membahas duplikasi objek, kini akan membahas penggabungan objek, terutama untuk fungsi Weld dan Trim pada CorelDraw. Dua fungsi ini adalah untuk menggabungkan objek, tinggal hasil gabungannya mau seperti apa nantinya ada fungsi masing-masing dari weld dan trim.
Langsung saja ke tutorialnya berikut ini:
Yang pertama akan Al contohkan adalah fungsi dari Weld. Pada deskripsi singkat dari Trim sendiri, adalah untuk mengkombinasikan objek menjadi satu kurva, dengan satu fill(area pewarnaan) dan outline(garis).
1. Buat file baru dengan ukuran kertas terserah dan warna RGB, misal ukuran kertas A4, resolusi 100. Masih awal menggunakan CorelDraw X7? Buka link ini Pengenalan CorelDraw X7
2. Pilih Rectangle Tool (atau tekan F6).

3. Gambar sebuah persegi (sambil klik tahan dan tekan Ctrl) dengan ukuran bebas.

4. Pilih Ellipse Tool (atau tekan F7).

5. Gambar sebuah lingkaran (sambil klik tahan dan tekan Ctrl) dengan ukuran kira-kira sama dengan atau lebih kecil sedikit dari persegi sebelumnya.
6. Posisikan objek persegi dan lingkaran dengan salah satu sisinya saling berhimpitan/bertabrakan seperti ini.

7. Klik kedua objek tersebut (klik lingkaran, tekan shift, klik persegi, atau blok area sekitar lingkaran dan persegi). Kemudian pada area Property bar sebelah kanan, akan ada barisan tool dengan gambar dua persegi yang tergabung (lihat gambar di bawah ini). Pilih fungsi Weld (paling kiri dari barisan) atau ikon bergambar dua persegi menjadi satu tanpa batas.

8. Maka jadilah susunan objek seperti berikut ini.



Yang kedua adalah fungsi dari Trim. Pada deskripsi singkat dari Trim sendiri, adalah untuk memotong suatu objek menggunakan bagian dari objek lain. Bisa diimajinasikan seperti menggigit sebuah roti. Maka sisa roti yang tergigit itulah hasilnya.
1. Buat file baru dengan ukuran kertas terserah dan warna RGB, misal ukuran kertas A4, resolusi 100. Masih awal menggunakan CorelDraw X7? Buka link ini Pengenalan CorelDraw X7
2. Lakukan langkah ke 2 hingga langkah ke 6 dari tutorial cara menggunakan fungsi Weld di atas.
3. Klik kedua objek tersebut (klik lingkaran, tekan shift, klik persegi, atau blok area sekitar lingkaran dan persegi). Kemudian pada area Property bar sebelah kanan, akan ada barisan tool dengan gambar dua persegi dengan salah satu persegi terpotong oleh bagian persegi lainnya, atau ketika disorot muncul nama Trim.
4. Maka jadilah susunan objek seperti berikut ini.

5. Perlu diperhatikan, objek yang terpotong adalah tergantung Anda memilih/mengklik objek yang mana dulu. Hasil di atas adalah hasil ketika lingkaran di klik terlebih dahulu, baru kemudian persegi.
6. Bila persegi di klik terlebih dahulu, hasilnya adalah lingkaran lah yang terpotong.


Cara menggunakan fungsi Weld dan Trim mudah bukan? Memang menggunakan software tidak terlalu sulit. Tinggal mengunjungi blog ini, sudah dapat caranya. Tetapi yang lebih utama dari desain grafis adalah ide kreatifnya. Tutorial yang saya share hanyalah membantu menunjukkan fungsi yang ada dalam software ketika Anda membutuhkannya.
Demikian posting kali ini tentang Fungsi Weld dan Trim pada CorelDraw, sekiranya cukup dulu sampai disini. Tunggu posting Al selanjutnya tentang tutorial dalam hal desain grafis. Semoga bermanfaat dan silakan tinggalkan komentar maupun berbagi dengan yang lain. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa follow IG @alfaruqmedia yak!


jasa desain grafis, desain grafis jogja, desain banner, desain brosur, cetak brosur murah
Jasa Desain Grafis Jogja - Alfaruq Media

About Alfaruqms

Alfaruqms
Recommended Posts × +

1 komentar: