latest Post

Cara Duplikasi Objek Memutar pada CorelDraw X7

Selamat datang di Blog Alfaruq Media, blog untuk Al berbagi tutorial maupun informasi mengenai Desain Grafis. Sebelumnya jangan lupa follow instagram @alfaruqmedia untuk update portofolio desainnya.
Setelah beberapa posting di blog mengenai pengenalan software CorelDraw X7, dan juga mengenal Transformasi objek. Tutorial kali ini akan membahas duplikasi objek memutar, jadi objek akan diduplikasi berdasarkan porosnya, jika pada tutorial sebelumnya adalah berdasarkan jarak. Cara ini cocok untuk membuat pattern/pola, untuk membuat background maupun objek lain yang dibutuhkan. Misalnya saja membuat objek bunga. Duplikasi ini memanfaatkan
fungsi Transformation > Rotate, yang bisa kita temukan di Menu Object, sama dengan fungsi Position.
Yang pertama akan Al contohkan membuat pola lingkaran yang memutari lingkaran, yang nantinya tampak seperti membuat bunga melati simpel. Bingung maksudnya? Coba aja dulu ntar juga paham.. hehe

  1. Buat file baru dengan ukuran kertas terserah dan warna RGB, misal ukuran kertas A4, resolusi 100. Masih awal menggunakan CorelDraw X7? Buka link ini Pengenalan CorelDraw X7.

  2. Membuat lembar kerja baru

  3. Pilih Ellipse Tool (atau tekan F7).

  4. Memilih Ellipse tool


    Gambar sebuah lingkaran, jangan lonjong, caranya drag mousenya sambil tekan Ctrl. Lepaskan Ctrl setelah melepas klik.
    Membuat lingkaran

  5. Duplikat objek lingkaran, dengan menekan tombol Ctrl+C kemudian Ctrl+V. Pastikan sebelum menduplikat, objek dalam posisi di klik. Geser objek lingkaran kedua tepat di samping, atas atau bawah. Saat menggeser pastikan sambil menekan tombol shift agar objek geser dengan lurus.
  6. Menduplikat objek lingkaran

  7. Pastikan klik objek lingkaran kedua yang telah dibuat, klik lagi objek bagian tengah agar muncul pilihan untuk merotasi objek dengan tanda lingkaran kecil dan titik hitam di tengah. Klik tahan dan tarik poros objek lingkaran kedua ke arah poros/center dari objek lingkaran pertama.
  8. Memindah poros objek lingkaran kedua

  9. Pastikan objek lingkaran kedua tadi masih pada posisi aktif/di klik. Kemudian klik menu Object > Transformation > Rotate.

  10. Fungsi rotasi

  11. Maka akan tampil panel di kanan halaman seperti berikut. Pada bagian Angle of Rotation (ada simbol rotasi) isikan sudut yang diinginkan. Besar sudut akan mempengaruhi posisi rotasi. Misalnya 90 derajat, berarti objek akan berpindah 90derajat berlawanan arah jarum jam dengan poros di tengah lingkaran pertama. Sebagai contoh, kita akan membuat 3 duplikat lingkaran dengan sudut 90 derajat, maka isikan sudut dengan nilai 90, dan pada bagian copies isikan 3 (berarti 3 duplikat objek).

  12. Panel Transformasi rotasi

  13. Maka jadilah 4 objek lingkaran mengelilingi lingkaran yang ditengah.
  14. Membuat objek mengelilingi objek poros


  15. Lakukan kreasi dari susunan objek lingkaran tersebut dengan pewarnaan. Misalnya seperti ini.
  16. Memberikan warna objek

  17. Lingkaran tengahnya tenggelam? Iya emang, karena dibuat lebih dulu jadi letaknya di layer bawah. Lakukan hal berikut agar letak lingkaran tengahnya di layer(lapisan) atas. Dengan mengklik kanan objek lingkaran tersebut.
  18. Memindahkan layer

  19. Maka jadinya seperti gambar di bawah ini.

  20. Objek jadi

    Cara menggunakannya mudah bukan? Memang menggunakan software tidak terlalu sulit. Karena yang terpenting adalah ide kreatifnya, untuk mengaplikasikannya ke software bisa tanya-tanya mbah google atau langsung kunjungi blog ini.. hehe

    Demikian posting kali ini tentang Cara Duplikasi Objek Memutar pada CorelDraw X7, sekiranya cukup dulu sampai disini. Tunggu posting Al selanjutnya tentang tutorial dalam hal desain grafis. Semoga bermanfaat dan silakan tinggalkan komentar maupun berbagi dengan yang lain. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa follow IG @alfaruqmedia yak!


jasa desain grafis, desain grafis jogja, jasa desain banner, desain banner murah
Jasa Desain Grafis Jogja

About Alfaruqms

Alfaruqms
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar