latest Post

Membuat Kalender Sendiri dengan CorelDraw X7

Tahun baru 2019 tinggal hitungan hari. Salah satu yang biasanya dibagi-bagi maupun dibuat sendiri adalah kalender. Kalender memang menjadi media utama untuk membantu kita mengingat hari, terutama dalam mengatur jadwal pribadi maupun kantor. Dengan media kalender kita dapat menandai tanggal-tanggal yang penting. Dari sisi pengusaha, kalender bisa digunakan sebagai media promosi, yang dibagikan kepada karyawan, relasi, maupun pelanggan.
Maka, kali ini di penghujung tahun, Al akan bagikan tutorial cara membuat kalender sendiri dengan CorelDraw X7. Caranya tidak sulit alias mudah. Tinggal ngisi ini itu dan tanggal dalam satu tahun otomatis tersusun rapi. Yang perlu disiapkan hanyalah daftar libur nasional untuk nanti datanya diinput ketika membuat kalender. Anda dapat mengakses di www.liburnasional.com.

Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut:
1. Buka CorelDraw X7, kemudian buat file baru dengan ketentuan seperti pada screenshoot berikut ini
Langkah 1 Membuat kalender sendiri dengan CorelDraw

2. Setelah lembar kerja terbuka, klik menu Tools > Macros > Run Macro...
Langkah 2 Membuat kalender sendiri dengan CorelDraw


3. Setelah terbuka jendela baru seperti screenshoot di bawah ini, pada kolom Macros in: pilih CalenderWizard. Kemudian klik Run.
Langkah 3 Membuat kalender sendiri dengan CorelDraw

4. Akan muncul jendela baru Calendar Wizard. Di dalamnya Anda akan melakukan pengaturan kalender yang akan dibuat. Pertama, tentukan dulu tahun dan bulannya. Pastikan semua bulan dicentang dengan mengklik All.
Langkah 4 Membuat kalender sendiri dengan CorelDraw


5. Selanjutnya, menentukan bahasa dalam kalender, biasanya sesuai pengaturan default tidak ada bahasa Indonesia, maka kita akan membuatnya sendiri. Dengan mengklik New di tombol sebelah kolom bahasa.
Langkah 5 Membuat kalender sendiri dengan CorelDraw

6. Muncul jendela baru yang berisi banyak kolom seperti nama Bahasa, Bulan, dan hari. Isikan nama-nama bulan dan hari dengan lengkap. Setelah semuanya terisi, klik Add/Modify. Akan tampil Indonesia (sesuai nama yang kita ketikkan di atas). Jika sudah ditambahkan, klik Close.
Langkah 6 Membuat kalender sendiri dengan CorelDraw


7. Bahasa sudah kita ganti bahasa Indonesia, selanjutnya kita tentukan hari mulainya kalender yaitu Minggu (Sunday). Kemudian kita tentukan tanggal merahnya atau hari libur. Klik tombol Holiday.
Langkah 7 Membuat kalender sendiri dengan CorelDraw

8. Sesuai persiapan yang sudah disampaikan di atas tadi, perlu daftar hari libur nasional. Daftarnya akan kita input di jendela ini. Isikan satu demi satu tanggal dan nama hari libur di kolom yang tersedia. Klik Add/modify di setiap hari libur yang sudah kita ketik. Setelah semuanya diinput, klik Close.
Langkah 8 Membuat kalender sendiri dengan CorelDraw


9. Langkah berikutnya adalah menentukan layout kalender. Disini yang akan saya gunakan adalah layout kalender satu tahunan, dengan disertai gambar dan tata letak bulan adalah 3x4 (3 kolom 4 baris). Setelah dipilih maka akan tampak layoutnya di samping kanan. Untuk memperbesar tampilan, klik Expand >>
Langkah 9 Membuat kalender sendiri dengan CorelDraw

10. Kita hampir selesai. Anda dapat mengganti tipe font yang ada di kalender, dari teks di bulan maupun hari dan tanggal. Setelah pengaturan dirasa cukup, klik Generate.
Langkah 10 Membuat kalender sendiri dengan CorelDraw


11. Kalender sudah otomatis tampil di tengah halaman yang kita buat. Anda dapat menggeser posisi tiap bulan maupun posisi kotak tempat gambar sesuai keinginan.
Langkah 11 Membuat kalender sendiri dengan CorelDraw


Begitulah langkah membuat kalender dengan CorelDraw X7, mudah dilakukan bukan? Silakan tambahkan gambar sesuai keinginan dengan memanfaatkan fungsi power clip. Anda bebas menambahkan gambar apapun selama ruang masih memungkinkan.
Demikian posting kali ini tentang Membuat Kalender sendiri dengan CorelDraw X7, sekiranya cukup dulu sampai disini. Tunggu posting Al selanjutnya tentang tutorial dalam hal desain grafis. Semoga bermanfaat dan silakan tinggalkan komentar maupun berbagi dengan yang lain. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa follow IG @alfaruqmedia yak!

About Alfaruqms

Alfaruqms
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar