latest Post

Cara Duplikasi Objek dengan Jarak Tertentu pada CorelDraw X7

Selamat datang di Blog Alfaruq Media, blog untuk Al berbagi tutorial maupun informasi mengenai Desain Grafis. Sebelumnya jangan lupa follow instagram @alfaruqmedia untuk update portofolio desainnya.
Setelah beberapa posting di blog mengenai pengenalan software CorelDraw X7, kali ini kita akan mulai menggunakannya untuk membuat objek dan mengoperasikannya. Tutorial ini adalah Cara Duplikasi Objek dengan Jarak Tertentu, tentunya dengan CorelDraw X7. Duplikasi adalah menggandakan atau meng-copy objek, sehingga terdapat dua atau lebih objek yang sama. Cara ini cocok untuk membuat pattern/pola, untuk membuat background maupun watermark. Karena kita bisa menentukan jarak tertentu dan akan diduplikat secara otomatis sesuai jarak yang kita tentukan. Duplikasi ini memanfaatkan fungsi Transformation > Position, yang bisa kita temukan di Menu Object.
Yang akan Al contohkan pertama, adalah membuat pola papan catur. Hal ini sangat mudah sehingga Anda diharapkan langsung paham.
  1. Buat file baru dengan ukuran kertas terserah dan warna RGB, misal ukuran kertas A4, resolusi 100. Masih awal menggunakan CorelDraw X7? Buka link ini Pengenalan CorelDraw X7
  2. Pilih Rectangle Tool (atau tekan F6).


  3. Gambar sebuah persegi pada lembar kerja dengan mengklik dan tahan, kemudian tarik sambil menekan tombol Ctrl pada keyboard Anda. Tombol Ctrl adalah untuk membentuk persegi (segi empat sama sisi), jika tidak menekan tombol Ctrl maka bentuk segi empat menurut panjang tarikan Beri warna putih persegi pertama.


  4. Pastikan klik persegi pertama tadi, kemudian klik menu Object > Transformation > Position.


  5. Maka akan tampil panel di kanan halaman seperti berikut. Pada bagian relative position, klik kotak kanan tengah untuk menaruh hasil duplikasi di kanan objek. Isi kolom Copies dengan 1 (jumlah duplikat). Klik Apply.


  6. Beri warna hitam untuk persegi kedua.


  7. Pilih 2 persegi tersebut dengan cara mengklik persegi putih, kemudian tekan Shift, klik persegi hitam.


  8. Lakukan duplikasi lagi, tetapi posisi duplikat berada di bawahnya dengan mengklik bagian relative position di kotak tengah bawah. Isi jumlah duplikat dengan 1. Klik Apply.


  9. Balik dua persegi tersebut dengan mengklik ikon Mirror Horizontally pada property bar. (pastikan kedua persegi tadi masih dalam posisi aktif atau di klik keduanya)


  10. Sudah ada 4 persegi dengan warna yang menyilang. Sekarang Anda tinggal meng-grup keempat persegi dengan cara mengklik keempat persegi tersebut, kemudian klik kanan > Group Objects.


  11. Lakukan duplikasi dari sekelompok persegi tersebut ke kanan atau ke arah manapun yang nantinya akan secara otomatis membentuk pola papan catur. Mudah bukan?

Contoh kedua, Al akan memberikan jarak antar objek. Kali ini membuat sebuah watermark sebagai contohnya.
  1. Siapkan gambar/teks sembarang yang Anda punya.


  2. Klik objek tersebut, masuk ke menu Object > Transformation > Position.


  3. Klik kotak pada relative position di kotak yang kanan/kiri/bawah/atas tengah (selain kotak yang paling tengah/pusat)


  4. Jika Anda mengklik kotak yang atas tengah, makan kolom “y” akan terisi lebar/tinggi dari objek Anda. Misal lebar objek 47,909 mm, jika ingin memberikan jarak antar objek 10 mm, maka isikan 57,909 mm. Masukkan jumlah objek, misalnya 5. Kemudian klik Apply.


  5. Hasilnya, akan ada jarak antar objek, sehingga objek tidak berhimpitan.


Cara menduplikat objek mudah bukan? Anda bisa berkreasi dengan objek lain agar membentuk sebuah pola yang bagus. Pada posting selanjutnya, akan Al bagikan cara transformasi yang lain, tentunya tidak kalah menarik.
Demikian posting kali ini tentang Cara Duplikasi Objek dengan Jarak Terntentu pada CorelDraw X7, sekiranya cukup dulu sampai disini. Tunggu posting Al selanjutnya tentang tutorial dalam hal desain grafis. Semoga bermanfaat dan silakan tinggalkan komentar maupun berbagi dengan yang lain. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa follow IG @alfaruqmedia yak!


jasa desain grafis, desain grafis jogja, jasa desain banner, desain banner murah
Jasa Desain Grafis Jogja

About Alfaruqms

Alfaruqms
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar