latest Post

Apa itu Desain Grafis?

Selamat datang di blog saya. Blog yang baru saya buat beberapa waktu lalu dan masih mengubah-ubah warna maupun tata letak untuk kenyamanan pembaca sekalian :D Selamat datang pula di posting pertama saya di blog alfaruqmedia.blogspot.co.id ini. Untuk membuka posting di blog saya akan mencoba memberi wawasan (bukan menjelaskan) karena
bisa jadi Anda kurang jelas dari kata-kata yang saya susun dalam bentuk tulisan ini.. hehe Disini saya memberikan wawasan saya pribadi mengenai apa itu desain grafis, yang saya simpulkan berdasarkan beberapa sumber.

Dalam KKBI desain berarti kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, corak, yang pengunaannya bisa diberbagai bidang seperti alat, batik, bangunan, dll. Desain bisa juga diartikan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang merupakan wujud dari seni rupa. Desain diartikan pula suatu kegiatan/aktivitas rupa dengan suatu rancangan sebagai permulaan yang kemudian diwujudkan dalam sebuah karya dengan memperhitungkan aspek fungsi.

Desain Grafis
Dari wikipedia :
“Desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.”
Maka dari itu desain grafis juga biasa disebut dengan desain komunikasi visual. Karena perannya sebagai media komunikasi kepada audiens dengan berbagai sentuhan visual yang menimbulkan daya tarik. Daya tarik itulah yang selalu diutamakan dalam setiap karya desain grafis apapun, seperti misalnya logo. Sebuah logo adalah identitas tiap-tiap perusahaan/instansi/komunitas dll, yang tentunya berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Logo dibuat bagaimana sebuah gambar atau teks bisa menunjukkan identitas pemilik logo tersebut meski sekilas saja dilihat.

Lalu, menurut saya pribadi, desain grafis adalah suatu proses komunikasi secara visual dengan berbagai media rupa (tulisan, gambar) yang disampaikan secara terpadu dan dibuat dengan unik untuk menghasilkan karya yang memiliki nilai estetika dan pesan didalamnya tersampaikan.

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam posting pertama blog ini, mungkin yang saya tulis jauh dari kesempurnaan. Untuk yang kurang setuju bisa menuliskan komentar di kolom yang tersedia secara SOPAN. Terimakasih yang sudah berkenan membaca.


>> Blog ini selanjutnya akan diisi dengan tutorial mengenai desain grafis menggunakan satu atau beberapa software yang paling sering saya pakai <<

Follow Instagram @alfaruqmedia


jasa desain grafis jogja, desain banner murah, desain poster murah, desain kartu nama, bikin brosur
Jasa Desain Grafis Jogja, portofolio kunjungi https://www.instagram.com/alfaruqmedia/

About Alfaruqms

Alfaruqms
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar